Collocation

Colocation adalah layanan penitipan server pelanggan yang disimpan di data center milik penyedia layanan. Penyedia colocation menyediakan tempat khusus untuk penyimpanan atau penitipan server yang menggunakan infrastruktur pendukung berkeamanan tingkat tinggi, baik fisik atau non-fisik. Dengan begitu, pengguna colocation tidak perlu repot memikirkan penyimpanan internal server perusahaan karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyedia layanan. Di samping itu, keamanannya juga terjamin. Sangat bermanfaat, bukan? Server yang dititipkan biasanya disusun sedemikian rupa pada rak tertentu khusus colocation server. Hal ini dilakukan karena colocation sendiri membutuhkan koneksi internet, arus listrik, power generator, pengontrol suhu udara, dan lain sebagainya.

Kelebihan colocation server

  1. Skalabilitas: Colocation memungkinkan kamu meningkatkan fasilitas dan infrastruktur server sesuai kebutuhan. Perkembangan website perusahaan terus bertambah sehingga memerlukan sistem dan fasilitas memadai.
  2. Efisiensi: Layanan server satu ini bisa menghemat tenaga dan biaya. Kamu tak perlu lagi membeli berbagai fasilitas seperti fire detector, pendingin, rak, hingga tim pengelola server. Penyedia layanan data center telah menyediakan semuanya.
  3. Reliabilitas: Performa server lebih terjamin karena layanan ini menggunakan teknologi yang memadai. Sebut saja seperti generator, baterai cadangan, hingga stabilizer. Dengan begitu, risiko terjadinya berbagai masalah arus listrik bisa terhindari.
  4. Performa: Server colocation menawarkan kecepatan, up-time, dan performa tingkat tinggi. Selain itu, layanan ini tersedia dengan level bandwidth sangat besar guna menunjang semua keperluan server.
  5. Keamanan: Colocation server merupakan layanan high security, dimana keamanan fisik maupun non-fisik sudah terjamin. Penyedia layanan akan melindungi server kamu nonstop 24 jam. Oleh sebab itu, kamu tak perlu cemas terhadap berbagai jenis serangan seperti pencurian data atau virus.
  6. Fasilitas: Layanan ini menyediakan fasilitas ideal untuk menunjang kinerja server. Fasilitas yang dimaksud yaitu climate control system, cooler, dan lain sebagainya. Untuk proteksi, di tempat server biasanya terpasang pendeteksi kebakaran, pemadam, hingga CCTV.
  7. Hemat biaya
    kamu akan memerlukan biaya yang fantastis jika membuat tempat penyimpanan server ataupun data center sendiri karena memerlukan gedung, rak yang sesuai, sistem pendingin tanpa henti, biaya listrik, dan masih banyak lagi.Sementara jika kamu menggunakan colocation maka hanya perlu membayar biaya sewa kepada penyedia. Jika ingin melakukan upgrade, kamu hanya perlu menambah rak/kabinet, RAM, dan memori yang bisa dikonsultasikan langsung ke penyedia
  8. Bandwith Lebih Besar Colocation memiliki layanan bandwidth terbaik karena diatur dengan kecepatan daya industri agar internet bisa stabil saat menjalankan aktivitas untuk penyimpanan. Selain itu, kamu juga sangat mungkin untuk menambah kapasitas bandwidth dengan mudah
  9. Waktu respon lebih cepat Oleh karena kapasitas bandwidth lebih besar, waktu respon colocation menjadi lebih cepat dibandingkan layanan penyimpanan lain. Selain itu, software dan hardware yang dimiliki juga sudah tersertifikasi. Terlebih lagi, kamu bisa menambah RAM atau memori sehingga waktu pemrosesan menjadi lebih cepat lagi.
  10. Teknisi 24/7, Penyedia layanan colocation umumnya memiliki teknisi yang bertugas memantau fasilitas selama 24 jam non-stop setiap hari. Layanan support ini akan sangat bermanfaat untuk membantumu jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada server-mu.
Next Post

Recent Comments

No comments to show.
× Ada yang bisa kami bantu ?